TV Online Indonesia

Persija Jakarta

Persija (singkatan dari Persatuan Sepak Bola Indonesia Jakarta) ialah sepak bola Indonesia yg berbasiskan di Jakarta. Persija sekarang bertanding di Liga Indonesia.
Persija dibangun pada 28 November 1928, pas satu bulan selesai Sumpah Pemuda, dengan cikal dapat bernama Voetbalbond Indonesische Jacatra (VIJ). VIJ adalah salah satunya club yg turut dirikan Persatuan sepak bola Semua Indonesia (PSSI) dengan keikutsertaan wakil VIJ, Mr. Soekardi dalam pembentukan PSSI di Societeit Hadiprojo Yogyakarta, Sabtu-19 April 1930.

Club ini memperoleh perhatian yg besar dari Bekas Gubernur Jakarta, Sutiyoso yang disebut Pembina Persija. Golongan pendukungnya bernama The Jakmania.

Pada jaman Hindia Belanda, nama awal Persija ialah VIJ (Voetbalbond Indonesische Jacatra).[1] Pasca-Republik Indonesia kembali pada bentuk negara kesatuan, VIJ berubah nama jadi Persija (Persatuan sepak bola Indonesia Jakarta). Saat itu, NIVU (Nederlandsch Indisch Voetbal Unie) jadi organisasi tandingan PSSI masihlah ada. Di sisi lainnya, VBO (Voetbalbond Batavia en Omstreken) jadi bond (perserikatan) tandingan Persija pun masihlah ada.
Terputus dari takdir ataulah tidak, sejalan dengan berdaulatnya negara Indonesia, NIVU mesti mesti bubar. Mungkin saja sebab dengan sosial politik sudahlah tidak sehat (beri dukungan). Kondisi itu selanjutnya merembet ke anggotanya, misalnya VBO. Pada pertengahan tahun 1951, VBO menghadirkan pertemuan buat membubarkan diri (likuidasi) serta menyarankan dianya sendiri buat masuk dengan Persija. Dalam perubahannya, VBO masuk ke Persija. Dalam kejuaraan segitiga pertemanan, kombinasi pemain bangsa Indonesia yg terkait dalam Persija "baru" itu bertemu dengan Belanda serta Tionghoa. Berikut akhirnya: Persija (Indonesia) versi Belanda 3-3 (29 Juni 1951), Belanda versi Tionghoa 4-3 (30 Juni 1951), serta Persija (Indonesia) versi Tionghoa 3-2 (1 Juli 1951). Semua laga berjalan di lapangan BVC Merdeka Selatan, Jakarta.

Persija Jakarta